GRESRUTS

Menentukan Rate Per Jam Bagi Pemula

Rate Freelancer
Di beberapa freelance marketplace seperti oDesk dan RAC (fitur baru RAC), freelancer bisa bekerja berbasis jam dan dibayar sesuai harga/rate per jam yang ditentukan oleh freelancer itu sendiri. Baru saja seorang teman bertanya kepada saya, sebagai pemula berapa sebaiknya rate yang wajar. Saya menyarankan teman saya itu untuk menghitungnya sendiri di http://freelanceswitch.com/rates/

http://freelanceswitch.com/rates/ adalah kalkulator freelance untuk menentukan berapa sebaiknya biaya per jam yang dapat memenuhi kebutuhan freelancer tersebut. Di kalkulator digunakan tanda $ tetapi ada catatan bahwa angka bisa dalam satuan mata uang apapun, asalkan konsisten. Jika kita hendak menghitung dalam rupiah, maka isikan semua dalam rupiah, jangan dicampur dengan angka dalam USD, karena nanti hasilnya akan beda jauh
Langkah pertama adalah menghitung biaya usaha / Business Cost. Tidak semua mesti diisi, sesuaikan dengan keadaan saat ini dan perkiraan untuk tahun depan. Kebetulan sekarang mendekati akhir tahun, kita semua pastinya sudah bisa mengira tahun ini sudah menghabiskan berapa saja untuk tiap komponen biaya usaha ini. Perhitungkan juga kemungkinan kenaikan harga di tahun mendatang, karena hasil perhitungan akhir nanti pastinya digunakan untuk membayar biaya bisinis tahun depan.
Langkah kedua adalah perhitungan biaya pribadi. Sama seperti di langkah pertama angka yang diisikan adalah perkiraan biaya total dalam setahun. Isikan berdasarkan data tahun ini plus penyesuaian untuk tahun mendatang.
Langkah ketiga terkait jam kerja. Tidak mungkin kita bekerja 24 jam dalam sehari bukan. Isikanlah jam kerja yang bisa dicapai dalam sehari, berapa hari kerja yang diinginkan, hari libur yang diinginkan, dll. Dari jam kerja juga tidak semua bisa ditagih ke client, ada jam-jam yang digunakan untuk mencari project baru. Isikan di isian terakhir, berapa persen dari jam kerja yang bisa ditagih ke client.
Langkah keempat dan terakhir terkait target tabungan. Isikan dengan angka target tabungan yang ingin Anda capai dalam setahun.
Hasil akhir akan didapatkan rate per jam dan break even rate per jam. Jika angka diisikan dalam rupiah, maka hasil akhir adalah dalam satuan rupiah per jam. Tinggal dikonversi ke satuan $ per jam sesuai rate saat ini + perkiraan rate tahun depan.
Selamat menghitung dan selamat berburu proyek di freelancer market place.
sumber

DAFTAR ISI ARTIKEL

 

BANNER LINK TEMEN

freedownload http://coolmixs.blogspot.com/

TEKS LINK TEMEN

LINK FAVORIT

THANK'S TO :

GRESRUTS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template